Friday, January 12, 2018

theater script - creation: ARIFIN C. NOOR PADA SUATU HARI 1-11

theater script - creation: ARIFIN C. NOOR PADA SUATU HARI 1-11

theater script - creation: ARIFIN C. NOOR PADA SUATU HARI 1-11
PADA SUATU HARI
Karya : ARIFIN C. NOOR
Ijin Penyiaran dan pementasan pada Teater Kecil Jakarta

Para Tokoh:
Nenek
Kakek
Pesuruh
Janda, Nyonya Wenas
Arba, Sopir
Novia
Nita
Meli
Feri


SANDIWARA INI DIMULAI DENGAN MENG-EXPOSE LEBIH DULU:
1. POTRET KAKEK  DAN NENEK KETIKA PACARAN
2. POTRET KAKEK  DAN NENEK KETIKA KAWIN
3. POTRET KAKEK  DAN NENEK DENGAN ANAK-ANAK
4. POTRET KELUARGA BESAR
5. POTRET KAKEK  TUA
6. POTRET NENEK TUA
7. MAIN TITLE ETC-ETC

lihat juga: pada suatu hari 12-20 (Tamat)

Kakek  dan Nenek duduk berhadapan.
Beberapa saat mereka saling memandang, Beberapa saat mereka saling tersenyum. Suatu saat mereka sama-sama menuju ke sofa, duduk berdampingan, seperti sepasang pemuda dan pemudi. Setelah mereka ketawa kembali mereka duduk berhadapan. Lalu beberapa saat saling memandang, tersenyum, lalu ke sofa lagi duduk berdampingan, seperti pepasang pengantin, malu-malu dan sebagainya, demikian seterusnya..


TIGA
Kakek             Sekarang kau nyanyi.
Nenek                         (menggeleng sambil tersenyum manja)
Kakek             Seperti dulu.
Nenek             (menggeleng sambil tersenyum manja)
Kakek             Nyanyi seperti dulu.
Nenek                         (Malu)
Kakek             Sejak dulu kau selalu begitu.
Nenek                         Habis kaupun selalu mengejek setiap kali saya menyanyi.
Kakek             Sekarang tidak, sejak sekarang saya tidak akan pernah mengejek kau lagi.
Nenek                         Saya tidak mau menyanyi.
Kakek             Kapanpun?
Nenek                         Kapanpun.
Kakek             Juga untuk saya.
Nenek                         Juga untuk kau.
Kakek             Sama sekali?
Nenek             Sama sekali.
Kakek             Kau kejam. Saya sangat sedih. Saya mati tanpa lebih dulu mendengar kau
menyanyi.
Nenek                         Sayang, kenapa kau berfikir kesana? Itu sangat tidak baik, lagi tidak ada gunanya.
Sayang , berhenti kau berfikir tentang hal itu.
Kakek             Mati saya tidak bahagia karena kau tidak maumenyanyi. Ini memang salah saya.
Tetapi kalau sejak dulu kau cukup mengerti bahwa saya memang sangat memainkan kau, tentu kau bisa memaafkan segala macam ejekan-ejekan saya. Tuhan, saya kira saya akan menghembuskan nafas saya yang terakhir tatkala kau sedang menyanyikan sebuah lagu ditelinga saya.
Nenek             Sayang saya mohon berhentilah kau berfikir mengenai hal itu. Demi segala-galanya berhentilah. Tersenyumlah lagi seperti biasanya.
Kakek             Saya akan tersenyum kalau kau mau mengucapkan janji.
Nenek                         Tentu, tentu.
Kakek             Kau mau menyanyi.
Nenek                         Tentu, sayang, tentu.
Kakek             Kapan?
Nenek                         Suatu ketika.
Kakek             Sebelum saya mati?
Nenek                         Ya, sayang, ya, sayang.
Kakek             Sekarang.
Nenek             Tidak mungkin, sayang, kau tahu saya sedikit flu karena pesta beberapa hari yang lalu?
Kakek             (Tertawa) U, saya baru ingat sekarang.
Nenek                         Selalu kau begitu. Selalu kau tak pernah ambil pusing setiap kali saya sakit.
Kakek             Kau melebih-lebihkan.
Nenek                         Tapi acap kali kau begitu. Kalau saya batuk baru setelah satu minggu kau tahu.
Kakek             Ya, saya akui saya acap kali terlalu asyik dengan diri sendiri. Saya akui. Saya minta dimaafkan supaya sorga saya tidak tertutup, supaya kubur saya…….
Nenek             Sayang, saya tidak mau memberi maaf kalau kau tidak mau juga berhenti menyebut-nyebut soal kematian.
Kakek             Maaf, tidak lagi.
Nenek                         Sekarang saya akan memaafkan kau dengan satu syarat.
Kakek             Apa?
Nenek                         Kau harus menyanyi.
Kakek             (menggelengkan kepalanya)
Nenek                         Kalu begitu, kau tak saya maafkan.
Kakek             Dan sorga saya…?
Nenek                         Mungkin, tertutup.
Kakek             Baik, saya akan menyanyi. Tapi separo. Kalau terlalu lama nanti saya batuk.
Nenek                         Tidak. Satu lagu.
Kakek             Nanti batuk.
Nenek             Setiap kali kau bilang begitu, padahal kau memang pintar menyanyi. Dan kau selalu menghabiskan sebuah lagu dengan sempurna tanpa batuk.
Kakek             Satu lagu?
Nenek             Ayolah, sayang. Penonton sudah tidak sabar lagi menunggu sang penyanyi.
(Kemudian Kakek  menyanyi du tiga baris dari no other love stand – chen Schubert atau lainnya dan selebihnya play back. Begitu lagu berakhir Nenek bertepuk tangan dengan semangat.)
Nenek                         Suara kau tidak pernah berubah.
Kakek             Mana album kesatu? Saya ingin melihat gambar saya ketika saya menyanyi di depan umum dimana kau juga ikut mendengarkan. Kau ingat kapan itu.
Nenek                         Ketika itu kau baru saja lulus propaedus. Kau sombong betul ketika itu.
Kakek             Kau juga. Sepicingpun kau tak pernah membalas pandang saya.
Nenek                         Habis pandangan kau nakal.
Kakek              Habis kau juga suka mencuri pandang.
Nenek                         Kau sudah terlalu pintar berciuman ketika pertama kali kau mencium saya.
Kakek             Saya memang pintar berkhayal. Setiap kali saya menonton saya selalu mengkhayalkan adegan ciuman secara amat terperinci.

EMPAT
Pesuruh          Ada tamu, nyonya besar.
Nenek                         Siapa?
Pesuruh          Nyonya Wenas, nyonya.
Nenek             (Melirik pada Kakek ) Nyonya janda itu (kepada pesuruh) Sebentar saya ke depan.
Pesuruh exit.
Nenek                         Kau surati dia?
Kakek             Tidak.
Nenek                         Kau bohong. Bagaimana dia bisa tahu tentang pesta kita?
Kakek             Saya tidak tahu.
Nenek                         Kau bohong (Exit) Demam saya mulai kambuh.

LIMA
Kakek             Seharusnya dia tidak perlu datang kemari.
\                       Kemudian Kakek  mondar-mandir sambil bersungut-sungut.
Kakek             Saya takut dia betul-betul demam karena kedatangan janda itu. Ah. Lebih baik saya menyingkir ke ruang baca. (Exit)

ENAM
Nenek             Kami sangat berharap sekali nyonya hadir kemarin. Suami saya juga heran kenapa nyonya tidak datang kemudian.
Janda              Kami sakit.
Nenek                         Kami? Maksud nyonya….
Janda              Ya, saya dan anjing saya sakit. Setiap kali saya sakit anjing saya juga ikut sakit. Saya agak senang karena sekarang saya agak sembuh, tetapi Bison agak parah sakitnya.
Nenek             Kasihan. Sayang. (Heran suaminya tidak ada). Dimana kau? Dia tadi disini. Sebentar, nyonya (beseru) Onda, dimana kau? (Exit)

TUJUH
Sambil mengamati ruangan tengah itu nyonya Wenas membenahi dirinya.
Janda              Terlaknat saya, kenapa saya jadi gemetar?

DELAPAN
Pesuruh muncul membawa minuman, ketika pesuruh itu akan pergi,
Janda              Nanti dulu.
Pesuruh          Ya, nyonya.
Janda              Siapa yang memilih minuman ini?
Pesuruh          Saya sendiri, nyonya, kenapa?
Janda              Ini memang kesukaan saya.
Pesuruh          Menyenangkan sekali. silahkan minum, nyonya.
Janda              (Minum) Segar bukan main. Bagaimana kau tahu saya suka minuman ini?
Pesuruh          Tuan besar sering menceritakan perihal nyonya kepada saya. Dan ketika saya tahu nyonya datang, segera saya buatkan minuman itu. Selamat minum nyonya.
Janda             Nanti dulu.
Pesuruh          Ya, nyonya?
Janda              Tuan besar masih suka…
Pesuruh          Menyirami kaktus?
Janda              Ya?
Pesuruh          Tidak, nonya, tapi tuan besar menyirami seluruh bunga sekarang, setiap pagi dan sore. Memang tengah malam seringkali diam-diam ia menyirami kaktus yang ditaruh di dalam kakus. Maaf nyonya, saya harus ke dalam.

SEMBILAN
Nenek                         Selamat datan, nyonya.
Janda              Selamat atas….
Kakek             Terima kasih. Maaf , nyonya Tampubolon?
Nenek                         Kau pelupa benar.
Kakek             Siapa bilang, Nyonya pasti nyonya Mangandaralam.
Nenek                         Sayang, ini nyonya Wenas.
Kakek             Ya, saya maksud nyonya Wnas. Apa kabar suami nyonya?
Nenek                         Maaf, Nyonya. Sayang, tuan Wenas telah meninggal sebelas tahun yang lalu.
Kakek             Maafkan kau benar sayang. Daya ingat saya jelek sekali. maafkan nyonya.
Janda              Tidak apa.
Nenek                         (Berseru) Joni.!
Pesuruh          Ya, nyonya.
Nenek                         Bawa minuman ini ke dalam.
Pesuruh membawa minuman tadi ke dalam.
Kakek             Baik-baik nyonya?
Janda              Berkat doa tuan dan nyonya. Tuan sendiri?
Kakek             Berkat doa nyonya.
Nenek                         Nyonya suka minum jeruk?
Janda              Minuman apa saja saya suka. Tapi es susu saya paling uka.
Kakek             Saya sendiritidak begitu, tapi……..
Nenek             Kita berdua minum jeruk saja. Kita flue (Berseru) Joni!
Pesuruh          Ya, nyonya.
Nenek             Bikin es susu dan dua gelas jeruk panas.
Pesuruh          Dua es susu dan satu gelas jeruk panas, maksud nyonya?
Nenek                         Dua es jeruk satu susu panas.
Kakek             Bagaimana anak-anak nyonya?
Nenek             Sayang, Nyonya dan tuan Wenas tidak diberkahi putera. Kenapa kau bertanya begitu?
Kakek             Maaf, saya lupa. Maksud saya apa tujuan nyonya datang kemari?
Nenek             Maafkan suami saya, Nyonya. Kadangkala dia amat kaar, tapi sebenarnya dia lelaki yang amat lembut.
Janda              Betul, nyonya. Onda adalah lelaki yang amat lembut, malah sangat amat lembut. Onda selalu cermat dalam memilih kata-kata dan juga saya kira ia tidak pernah memakai tanda seru selama hidupnya.

Kakek             Kita minum  apa? Nyonya suka….
Nenek             Onda, kita baru saja memesan minuman (menyeret) Tingkahmu berlebihan sehingga memuakkan.
Kakek             Kausendiri yang menyuruh agar saya berlaku pura-pura tidak kenal kepada nyonya itu.
Nenek                         Ya, tapi kau berlebihan. Kau kurang wajar.
Kakek             Susah. Kalau saya wajar kau marah. Kalau saya berlebihan kau juga marah. Kalau saya jumput di perpustakaan kau juga marah. Saya tidak tahu bagaimana supaya kau tidak marah dan saya tidak mau marah agar kau tidak marah.
Nenek             Pendeknya berlakulah sedikit agak sopan.
Kakek             Saya coba.
Nenek             Kendorkan urat wajahmu.
Sementara itu pesuruh telah menyajikan minuman di atas meja dan baru saja akan melangkah pergi.
Kakek              Udara sangat baik akhir-akhir ini, di rumah nyonya sering turun hujan?
Janda              Ya, terutama belakangan ini.
Nenek                         Memang musim hujan.
JAnda              Dan terutama kalau sore.
Kakek             Seperti di rumah kita, tidak begitu, sayang?
Nenek             Tentu saja. Kalau di rumah nyonya Wenas jatuh hujan di rumah kitapun turun hujan, sebab nyonya dan kita satu kota, bahkan satu wilayah kecamatan.
Kakek             memang satu kota, satu kecamatan. Tidak begitu nyonya eh, siapa? O ya nyonya Wenas? Tidak begitu?
Janda              Ya, kita satu kota.
Kakek             Mari kita minum, satu kota mari.
Nenek             Silahkan, nyonya.
Kakek             (Setelah minum) Alangkah hangat es jeruk ini.
Nenek             Ya, silahkan, nyonya. Nyonya tidak suka?
Janda              (Menjerit) Alangkah sejuknya. Terima kasih.
Kakek             Sejak kapan nyonya suka es susu yang panas?
Janda              Sejak, sejak kemarin. Ya, kemarin.
Kakek              Kami sendiri menyukai wedang jeruk yang sejuk baru saja. Tidak begitu sayang?
Nenek             Ya.
Janda              Terus terang saya sangat kagum pada nyonya. Saya tidak pernah melihat nyonya bertambah tua.
Nenek             Nyonya berlebihan.
Janda              Saya sungguh-sungguh, nyonya.
Nenek                         Kalau begitu saypun berterus terang. Nyonya semakin tua semakin cantik.
Kakek              Memang (Nenek melotot). Maksud saya, maksud saya ketuaan itu hanya timbul apabila kita merasa tua. Adapun tua itu sendiri hanya hasil dari suatu penjabaran, hanya sayangnya penjabaran tersebut dilakukan oleh waktu, sehingga menyebabkan kurang enak kita terima konsekwensinya.
Nenek             Saya kira tidak begitu. Tua adalah konsekwensi dari kesadaran kita.
Kakek             Ya, kalau saja kita punya matematika, kita tidak akan pernah tua. Juga kalau saja kita tidak punya jam kita tidak akan pernah tua.
Janda              Tapi kita punya matahari.
Nenek             Itu susahnya.
Kakek              Takdir. Sekarang mari kita minum seakan kita tidak punya matahari.
Janda             Alangkah sejuknyausu pana ini.
Kakek              Alangkah panasnya es jeruk ini. Tidak begitu, sayang?
Nenek             Ya.
Janda              Tapi kalau kita tidak punya matahari kitapun tak akan pernah punya bulan.
Nenek                         Juga kita tidak akan punya iang hari dan rematik kau akan lebih parah lagi.
Janda              Kita tidak akan punya siang dan punya malam.
Kakek             Kalau begitu?
Nenek                         Lebih baik punya matahari daripada sama sekali tak punya apa-apa.
Kakek             Ya, dan itu berarti tuapun merupakan rahmat.
Janda              Tidak, bukan rahmat tapi “apa boleh buat”
Kakek             Apa boleh buat mari kita minum lagi.
Mereka minum dan omong seperti tadi.
Janda              Tua dan tidak tua tetap saja ama, kaktus, misalnya.
Nenek                         Ya, kaktus memang tetap kaktus kaku dan berduri kapanpun.
Kakek             Saya jadi ingat Old Shatterhand dengan Winnetou, bagaimana keduanya merangkak di atas padang rumput sambil membaui udara yang mengantarkan bau musuh, atau bagaimana mereka mendengarkan bentak-bentakan kaki kuda musuh dari jarak ber-mil-mil. Kaktus-kaktus liar banyak bertumbuhan di Amerika.
Janda              Indahnya.
Nenek             Apa tidak indah kemeriahan flamboyant, yang mampu menciptakan jalan selalu diliputi senja?
Kakek             Saya kira lebih indah, juga lebih bermanfaat. Kita bahkan bisa berteduh di bawah cahaya kuning merahnya.
Janda              Tapi flamboyant saya kira terlalu mewah dan kurang sederhana.
Nenek                         Kaktus memang selalu kesepian.
Janda              Memang ia kurang dihiraukan orang.
Nenek                         Lantaran berbahaya.
Kakek              Bagaimana kalau kita beralih kepada bunga bank saja. Ini lebih langsung menyangkut kepentingan ekonomi kita.
Janda               Sayang sekali kita telah sepakat menerima kehadiran matahari, sehingga saya kini telah ditegurnya. Sudah cukup lama.
Janda              ……Saya di jamu di sini. Saya minta diri sekali lagi saya mengucapkan selamat ata perkawinan emas tuan dan nyonya.
Sayang sekali dia sedang sakit: saya harus segera pulang.
Nenek                         Terima kasih banyak ata kunjungan nyonya.
Kakek             Terima kasih banyak. Salam pada suami nyonya.
Janda              Terima kasih (Sambil pergi) Bisonku.

SEPULUH
Perang bisu meletus antara Kakek  dan Nenek.

SEBELAS
Kakek             Kenapa kau diam begitu?
Nenek                         diam saja.
Kakek             Kenapa kau begitu diam?
Nenek                         Kau juga begitu.
Kakek             Kenapa?
Nenek                         Kau juga kenapa?
Kakek             Sayang, adalah tidak baik kita bubuhi pesta emas dengan kata-kata seru.
Nenek             Kau sendiri yang membubuhinya. Kau rusak bunga-bunga pesta kita dengan kaktus-kaktu pacar kau.
Kakek             Sejak muda kau begitu yakin seakan saya pernah punya hubungan percintaan dengan perempuan tadi. Saya heran kenapa kau begitu berhasil menciptakan tokoh yang fantatis itu menjadi tokoh yang seolah nyata dalam diri kau sehingga tokoh itu mampu mempermainkan kau sendiri selama hidup kau.
Nenek             Bukan fantastis. Tapi memang dia tokoh fantasi kau bahkan sampai saat kau tua (Menangis) Sengaja kau suruh Joni menyiapkan segera minuman kesukaannya begitu dia datang.
Kakek             Siapa? Saya? Menyuruh Joni? Minuman apa?
Nenek                         Kau menyuruh Joni membuat es susu begitu nyonya janda itu datang.
Kakek             Tidak. Saya tidak menyuruh Joni.
Nenek             Kau lakukan itu ketika saya sedang menemui dia tadi ketika kau menyingkir dari dari sini tadi dan kemudian kau sembunyi ke kamar baca.
Kakek             Tidak, sayang, dari sini tadi saya langsung ke kamar baca dan kemudian saya asyik membaca mengenai para psikologi. Ketika kau datang tepat saya sampai pada baris-baris mengenai telepati. Saya ingat betul.
Nenek                         Kau bohong.
Kakek             Kalau tidak percaya kau boleh memanggil Joni (Berseru) J o n i !

theater script - creation: ARIFIN C. NOOR PADA SUATU HARI 1-11
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon